RAGAM
APLIKASI KOMUNIKASI DATA
Tujuan Teknik Komunikasi
adalah bagaimana
menyampaikan informasi ke tempat tujuan dengan cepat dan tepat (menukar informasi
antara dua perantara), karena masalah utama alam komunikasi adalah efisiensi,
yaitu bagaimana menyampaikan informasi secepat mungkin dengan kesalahan
sesedikit mungkin.
Data
yaitu sebuah gambaran dari kenyataan,
konsep atau instruksi dalam bentuk formal yang sesuai untuk komunikasi,
interprestasi atau proses oleh manusia atau oleh peralatan otomatis.
Informasi
yaitu pengertian yang
diperuntukkan bagi data dengan persetujuan-persetujuan memakai data tersebut. Komunikasi yang hendak
disampaikan yang dapat berupa suara, tulisan, gambar atau bahkan data. Data dapat
diidentifikasikan, data dapat digambarkan, data tidak perlu mewakili sesuatu secara
fisik; tetapi dari semuanya itu data dapat dan sebaiknya digunakan untuk
menghasilkan informasi. Hal ini juga berarti bahwa data untuk satu orang akan
muncul sebagai informasi untuk yang lainnya. Informasi ini terbentuk ketika
data ditafsirkan.
Elemen-elemen Komunikasi :
1. Source (sumber)
Pihak yang mengirim
informasi / alat yang bertugas membangkitkan data / berita / informasi sehingga
dapat ditransmisikan dan menempatinya pada medium transmisi.
Contohnya telepon dan PC.
2. Transmitter (pengirim)
Biasanya data yang
dibangkitkan dari system sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam
bentuk aslinya. Sebuah transmitter cukup memindah dan menandai informasi dengan
cara yang sama seperti di hasilkan sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan
melewati beberapa system transmisi berurutan.
3. Transmision system (system
transmisi) / Media transmisi
Berupa jalur tunggal (single
transmission line) atau jaringan komplek (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination
(tujuan). Tugasnya menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi dan
menyalurkan berita yang diterima ke tempat tujuan. Contohnya melalui kabel coaksial,
gelombang elektromagnetik, dll.
4. Receiver (penerima)
Receiver menerima sinyal
dari system transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk
tertentu yang dapat ditangkap oleh
tujuan. Tugasnya untuk menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber
informasi.
5. Destination (tujuan)
Menangkap data yang
dihasilkan oleh receiver. Contoh : electronic-mail (pos elektronik), diketahui bahwa
device input dan transmitter adalah komponen dari personal komputer. Perantara adalah
user yang akan mengirim sebuah pesan kepada user lainnya. Pesan berupa karakter
string adalah informasi. User lalu mengaktifkan electronic-mail pada PC dan
memasukkan pesan tersebut melalui keyboard (device input). Karakter string ini
secara ringkas disimpan dalam memory utama (main memory). Kita dapat
memandangnya sebagai rangkaian karakter atau rangkaian bit-bit dalam memory. PC
ini dihubungkan ke beberapa medium transmisi seperti local network transceiver atau
modem. Data input akan ditranfer ke transmitter sebagai rangkaian bit-bit atau
lebih tepat, rangkaian voltage shift pada beberapa bus komunikasi atau kabel.
Transmitter dihubung langsung ke medium dan mengubah bit-bit yang masuk menjadi sebuah sinyal yang
sesuai untuk transmisi.
Bentuk Komunikasi Dan Media Komunikasi
1.
Komunikasi Suara
a. Komunikasi siaran radio / radio broadcasting
Informasi dipancarkan ke segala arah
dan siapapun diperbolehkan menerima informasi
tersebut. Dan informasi
yang dikirimkan bersifat umum.
Contoh : Radio RRI
b. Komunikasi radio amatir
Informasi dipancarkan
kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada
mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh :
ORARI
c. Komunikasi radio 2 arah
Informasi terbatas pada
pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran / frequensi / gelombang
yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat
terjaga. Contoh : Handy-talky
d. Komunikasi radio antar penduduk /
citizen band
Hubungan komunikasi
bersifat pribadi, jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena
semua pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang
disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom
e. Komunikasi radio panggil / paging
system
Digunakan untuk memanggil
penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh
: Pager
f. Komunikasi telpon
Bersifat pribadi murni /
niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga,
jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan manajemen pertukaran.
Contoh : Telephone dial,
Handphone
2.
Komunikasi Gambar dan Berita
a. Komunikasi telegraf
Dalam bentuk morse, dibutuhkan
operator penerjemah.
b. Komunikasi telex
Seperti telegraf tetapi menggunakan perangkat
seperti mesin tik sehingga tidak perlu operator.
c. Komunikasi facsimile
Melalui saluran telepon dikirimkan berita
berupa gambar statis / segala sesuatu yang tertulis / tercetak, seperti
fotocopy jarak jauh.
d. Komunikasi siaran televisi
Berupa gambar bergerak / video.
3.
Komunikasi Data
= pertukaran informasi antara 2
peralatan, yang datanya dikirim melalui :
a. Jaringan umum / public network
Melalui jaringan telepon, telex dan
data
b. Jaringan pribadi / private network
Saluran pribadi berupa point to point
melalui saluran sewa.
Media
komunikasi adalah suatu alat yang dipergunakan
untuk mempermudah penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain, untuk
mencapai tujuan yang ditentukan.
Menurut jenisnya, media komunikasi dapat dikelompokan dalam
tiga macam, yaitu :
1.) Media Komunikasi berupa Audio ( Media Komunikasi
Audio ), yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat
pendengaran. Contohnya : Radio, Telepon, Tape recorder, dan sebagainya.
.
2.) Media Komunikasi berupa Visual ( Media Komunikasi
Visual ), yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan.
Contohnya : Surat, transparansi, chart atau grafik, dan lain-lain.
3.) Media Komunikasi yang berupa Audio Visual ( Media
Komunikasi Audio Visual ), yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat
didengar. Contohnya : televisi, VCD, layar lebar, Internet, wawancara ( face to
face ), kunjungan, dan sebagainya.
Media Komunikasi mempuyai fungsi, secara umum terbagi
menjadi 4, yakni :
~ Alat untuk menyampaikan informasi.
~ Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi.
~ Alat untuk mempercepat dan mempersingkat penyampaian
informasi.
~ Alat untuk menghibur ( to entertaint ) dan mendidik ( to
educate ).
Hal-hal Dalam Sistem Komunikasi :
1. Berita harus dimengerti oleh
penerima
Komunikaasi
efektif, berita / informasi harus jelas dan dapat dimengerti oleh penerima
2. Karakteristik sistem komunikasi
Karakteristik
dari sistem komunikasi sitentukan dan dibatasi oleh karakteristik dari sumber,
media
transmisi dan penerima
3. Derau / gangguan
Gangguan
dapat terjadi selama proses transmisi. Derau / gangguan ini harus di atasi dengan
pemilihan perangkat keras yang cocok / dengan sistem yang mempunyai kemampuan melakukan
koreksi kesalahan (error detection and corection).
Komunikasi Data
Definisi Komunikasi Data :
transmisi data elektronik melalui
beberapa media
merupakan penggabungan dari 2 teknik
:
·
teknik
telekomunikasi
telekomunikasi
adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik
ke titik lainnya (komunikasi jarak jauh)
·
pengolahan
data
segala
kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data.
komunikasi data /
teleprocessing (pengolahan jarak jauh) merupakan komunikasi jarak jauh
dengan bantuan sistem
komputer
merupakan proses
pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu
yang telah disepakati
melalui media listrik / elektro-optik dari titik ke titik yang lainnya.
Sistem komunikasi data
adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses computer untuk
mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan
komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehinga semua fasilitas beradda
pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Keuntungan Komunikasi Data :
1. Pengumpulan dan persiapan data
Bila pada saat pengumpulan
data digunakan suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat
dikurangi sehingga dapat mempercepat proses (menghemat waktu)
2. Pengolahan Data
Karena komputer langsung mengolah data
yang masuk dari saluran transmisi (efisiensi)
3. Distribusi
Dengan adanya saluran transmisi hasil
dapat langsung dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.
Tujuan Komunikasi Data :
1. Memungkinkan menyalurkan
informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin
2. Memungkinkan pengiriman
data dalam jumlah besar adalah efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu
tempat ke tempat yang lain.
3. Memungkinkan penggunaan
sistem computer dan peralatan pendukung lainnya dari jauh (remote computer
use)
4. Memungkinkan penggunaan
sistem computer secara terpusat / tersebar sehingga pendukung manajemen dalam
hal kontrol, baik desentralisasi maupun senralisasi
5. Mempermudah kemungkinan
pengolahan dan pengaturan data yang ada dari berbagai system komputer
6. Mengurangi waktu untuk
pengolahan data
7. Mendapatkan data
langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan)
8. Mempercepat
penyebarluasan informasi
9. Mengintegrasikan semua
jenis komunikasi menjadi satu sistem yaitu ISDN (Integrated
Service Digital Network) atau Jaringan Digital Pelayanan
Terpadu.
Faktor-faktor pertimbangan :
1. Pensinyalan
Pensinyalan (signalling) adalah
suatu prosedur / protokol yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum
pengiriman informasi dimulai
2. Transmisi
Media transmisi harus efisien dan
dapat melayani berbagai jenis alat.
Karakteristik transmisi :
a. lebar frekuensi yang dapat
ditampung
b. redaman
c. daya yang dapat ditampung
d. waktu yang dibutuhkan
3. Cara Penomoran
Penomoran harus unik dan mengikuti rekomendasi
/ persetujuan dari pihak tertentu
4. Cara Menyalurkan Hubungan (routing)
Menentukan policy (kebijaksanaan)
bagaimana suatu hubungan akan dilaksanakan
5. Cara Menghitung Biaya (tarif)
Menentukan struktur harga bagi jasa
pelayanan yang harus dibayarkan.
Bidang-bidang operasi Komunikasi Data
:
1. Bidang data collection
Data dapat dikumpulkan dari beberapa
tempat (remote station), disimpan dalam memori dan pada
waktu tertentu data teersebut akan diolah. Contoh : aplikasi inventori,
penggajian, dll
2. Bidang inquiry and respone
Pemakai dapat mengakses langsung ke
file / program. Data yang dikirimkan ke system komputer dapat langsung diproses
dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan
komputeer maka sistem semacam ini disebut interaktif.
Contoh : aplikaasi perbankan,
pembayaran dipertokoan.
3. Bidang storage and retrival
Data yang sebelumnya disimpan dalam komputer
dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi
message switching, e-mail.
4. Bidang time sharing
Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya
secara bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama
jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan
kesempatan. Jika terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu
fasilitas roll in roll out harus dipergunakan.
Contoh : aplikasi pemakai sistem computer
secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak, perhitungan, rekayasa, pengolahan
kata (word processing), CAD (computer aided design), dll
5. Bidang remote job entry
Remote job terminal mengirimkan
program / data (text) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan
dikerjakan secara batch yaitu diolah setelah gilirannya tiba. Contoh : aplikasi
yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
6. Bidang real time data processing
and process control
Hasil proses dikehendaki dalam waktu
yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time) Contoh :
aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sist.
telekomunikasi, dll
7. Bidang data exchange among computers
Pertukaran
data berupa program, file dsb antar sistem komputer. Pada palikasi ini data
yang dipertukarkan
jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.